Apa itu pemetaan dan supervisi pendidikan?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan sederhana yang diajukan kepada saya dari seorang kawan. Saya bekerja sebagai staf seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi Pendidikan (PMS). Jadi wajar, jika pertanyaan itu spontan ditujukan kepada saya. Entah itu sekedar menguji atau belum mengetahui.

Saya mencoba membahasakannya pada media ini. Mudah-mudahan bisa dimengerti oleh kawan saya itu dan membuka ruang diskusi buat kawan-kawan pembaca.

Pemetaan adalah suatu proses menghasilkan sebuah peta. Mutu adalah kualitas yang diukur berdasarkan indikator tertentu. Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan terus menerus untuk memperbaiki kualitas ke arah lebih baik. Jadi pemetaan mutu pendidikan adalah gabungan pengertian-pengertian di atas.
Bila dibahasakan versi saya, maka pemetaan mutu pendidikan adalah suatu proses menghasilkan suatu peta kualitas berdasarkan indikator tertentu di bidang pendidikan.

Supervisi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan untuk membina dan memperbaiki agar sesuai standar yang ditetapkan. Supervisi pendidikan berarti suatu kegiatan pembinaan dan perbaikan secara kontinu di bidang pendidikan.

Apa saja kegiatan pemetaan mutu pendidikan itu?

Kegiatannya bisa sangat bervariasi diantaranya; penyusunan peta geografis sekolah, uji kompetensi PTK, profil mutu sekolah, analisis hasil Ujian Nasional, pengembangan instrumen pemetaan standar nasional pendidikan, dan masih banyak lagi

Apa saja kegiatan supervisi pendidikan itu?

Kegiatannya bisa bervariasi pula diantaranya; pendampingan pengisian instrumen EDS, pembinaan sekolah project, open class lesson study, pengembangan model pembelajaran dan tentu masih banyak lagi.

Antara pemetaan dan supervisi saling mengisi, hasil pemetaan dapat dijadikan objek sasaran supervisi. Hasil supervisi sebagai pengembangan bahan pemetaan. So, met na.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda