Perjalanan ke Bombana

Waktu tempuh menuju Kasipute, ibukota Kabupaten Bombana, saat ini hanya 3 jam. Kalau cepat, bisa sampai 2,5 jam. Jalan poros menuju Kasipute sudah teraspal dengan mulus. Beberapa waktu lalu, kami (saya dan Pak Kusman) berangkat menuju Bombana dengan menumpang kendaraan umum. Kecepatan mobil sekitar 60 - 80 km per jam. Kami berangkat dari Kendari jam 3 sore dan tiba jam 6 sore. Sewa mobil ke Bombana (Kasipute) saat ini Rp. 50.000,- per orang.
Di Kasipute, kami menginap di hotel Pantai Bahagia, namanya hotel tapi sekelas penginapan. Belum ada hotel berbintang di Kasipute. Sepintas, perkembangan ekonomi di Kasipute tumbuh pesat, semakin banyaknya toko, rumah makan dan kantor-kantor pemerintah. Namun, jalan di dalam kota, belum di aspal. Lampu-lampu jalan belum banyak yang menyala, tetapi setiap rumah memasang lampu penerang di depan rumah sehingga Kasipute malam hari terang benderang.

Perjalanan kami ke Bombana dalam rangka tugas kantor yaitu pemetaan sekolah berdasarkan koordinat geografis. Beberapa foto berikut menggambarkan apa yang kami kerjakan dan kami alami selama perjalanan di Bombana

Pak Kusman sedang mendata koordinat SDN 2 Batu Putih Kecamatan Poleang Timur.
Dalam perjalanan dari Poleang menuju Kasipute, kami melalui suatu hamparan luas, disana ada ratusan kerbau sedang bertebaran mencari makanan. Lokasi ini diberi plank bertuliskan lokasi pembangunan bandara udara kabupaten Bombana

Kami pulang kembali ke Kendari pada hari Senin tanggal 20 Februari 2012 di pagi hari, setelah sebelumnya bertemu dengan pak Haji Andi Syarifuddin, Kadis Dikmudora Kabupaten Bombana.
Inilah sekelumit kisah journey to Bombana...insya Allah dilain waktu akan ada journey-jouney selanjutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda